Jumat, 23 September 2016

Batik Pekalongan

Berbicara mengenai bati tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian khususnya orang Indonesia. Karena batik merupakan kebanggan Indonesia yang namanya sudah sangat dikenal oleh dunia luar. Ada banyak ragam batik disetiap daerah, termasuk di daerah Pekalongan. Kota kecil yang berada di provinsi Jawa Tengah, kota kecil yang kerap disebut sebagai "Kota Santri" dan kota kecil yang kerap disebut dengan "Kota Batik". Sebagian besar mata pencaharian orang Pekalongan adalah bercocok tanam dan bergelut di bidang usaha batik. Batik asli Pekalongan sendiri ada beberapa macam, diantaranya;
1. Batik Jlamprang
Batik Jlamprang adalah batik yang motifnya berbentuk geometris dan dipengaruhi oeh syiar agama 
Islam sehingga pemilihan motif tidak menggunakan makhluk hidup.
2. Batik Liong
Batik Liong dibuat oleh orang Tionghoa yang pada saat itu bertempat tinggal di daerah Pekalongan. Jika dilihat lebih dalam,keunikan batik ini terletak pada motifnya yang berupa ular naga.
3. Batik Tulis Warna Cerah
Keunikan dari batik tulis Pekalongan adalah pemakaian warna batiknya yang cenderung terang atau cerah, terutama batik yang diproduksi di daerah pesisir. Biasanya orang-orang yang tinggal di daerah pesisir memproduksi batik dengan menggunakan warna merah, kuning, biru muda dan ungu.

referensi : http://busanamuslimodis.com/batik-pekalongan-dari-corak-motif-hingga-penjelasannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar